Keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya I Azzahir Media

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dari seluruh penjuru dunia karena di bulan ramadhan ini banyak di turunkan rahmat dan dilipat gandakan amal ibadah kita, banyak sekali keutamaan berpuasa dibulan ramadhan. Jika puasa di hari lain dilipatkan pahalanya, maka dibulan ramadhan ini lebih dilipatkan lagi karena saking mulianya bulan ini.



Dan tahukah kalian? di bulan suci Ramadhan juga bulan dimana permulaan surat kitab suci Alqur'an diturunkan.

Amal kebaikan umat muslim akan diganjar dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu Ayo kita serukan puasa dibulan ramadhan dan juga untuk menjalankan rukun islam yang ke empat, agar sempurna agama kita. untuk lebih paham Apa sih keutamaan bulan suci ramadhan? Mari kita belajar bersama.

Bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur'an


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling mulia. Mengapa? Karena di bulan ini pertama kali surat kitab umat Islam Al-Qur’an diturunkan. Kapan Al Qur'an di turunkan? Dalam surat Al Qodr ayat 1 dijelaskan:
“ Sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan (Lailatu qadr).”

Amal ibadah yang dilipat gandakan


Ibnu Rajab Al-Hambali mengatakan, “Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 271).

Ditutupnya pintu neraka dan dibukanya semua pintu surga


Seperti yang dikeluarkan dalam Sunan At-Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah, beliau berkata bahwa Nabi bersabda,
 “Pada malam pertama bulan Ramadhan setan-setan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka, dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru, ‘Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah.’ Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi, no. 682 dan Ibnu Majah, no. 1642. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam Shahih Al-Jami’, no. 759).

Bulan di ampunnya dosa dan dikabulnya doa


Ada dalil yang menjelaskan motivasi untuk melaksanakan qiyam ramadhan yaitu shalat tarawih. Dari Abu Hurairah Nabi bersabda,
“Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
(HR. Bukhari, no. 37 dan Muslim, no. 759).

Malam Lailatul Qadar


Malam Lailatul Qodar ini merupakan malam yang dinantikan oleh umat muslim saat bulan suci Ramadhan, karena satu malam ini akan sama ketika kita beribadah selama kurang lebih seribu bulan. Dalam salah satu hadis, Malam lailatul Qodar terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dan alangkah baiknya malam ini diisi ibadah dan doa-doa baik yang insyaAlloh akan mustajab.


Nah, Zahir mania lover setelah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya, pastinya kita menjadi semakin yakin dan semangat untuk menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan 2019 tahun 1440 H dan jangan lupa untuk terus berbuat kebaikan kepada sesama. Mari kita bersama berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan suci Ramadan yang penuh rahmat dan berkah ini agar hati kita tentram dan bahagia di akhirat kelak, Amiin.

0 Response to "Keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya I Azzahir Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel