Hukum membuka warung di siang bulan Ramadhan - Azzahir media

Azzahirmania, setelah kemarin kita membahas keutamaan bulan suci ramadhan, Nah taukah kalian apakah hukum membuka warung makan di siang hari bulan ramadhan? Jika belum, Yuuk kita belajar bareng...

Makan adalah kebutuhan manusia, tapi membuka warung makan dibulan ramadhan bukan hal yang baik, bahkan lebih buruk dari orang yang sedang makan di muka umum.

Seperti tertulis perintah di kitab suci Alqur'an yang artinya "janganlah kalian tolong menolong dalam dosa dan maksiat" (Q.s Almaidah ayat 2)

Apa hukum memberi makan orang kafir di siang hari bulan ramadhan - azzahir media

Walaupun kita tidak berbuat maksiat tapi kita tidak boleh tolong menolong dalam maksiat. Misalnya ada orang yang tidak berpuasa dibulan ramadan dan kalian membuka warung makan. Tidak berpuasa tanpa adanya udzur syar'i yang jelas, ini jelas dosa besar. Di tambah lagi kalian membantu memberi makan dengan berjualan diwarung.

Rosululloh pernah di perlihatkan siksaan bagi orang yang suka membantu dalam kemaksiatan "dia digantung dengan mata kakinya (terjungkir) dengan pipinya sobek dan mengeluarkan darah" ( H.R. Ibnu Hibban )

Ini menjadi landasan para ulama untuk mengharamkan memberikan makanan pada orang kafir dibulan ramadhan, baik itu secara berbayar dengan cara berjualan ataupun secara gratis. Karena agar tidak mendukung tolong menolong dalam kemaksiatan.

Allah swt memerintahkan untuk mengagungkan syiar islam
"Demikianlah (perintah Alloh) Barang siapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Alloh, itu timbul dari ketakwaan hati" (Q.s Al Hajj ayat 32)

Hukum memberi makan orang kafir di siang hari bulan ramadhan -azzahir media

Bulan ramadhan adalah bulan dimana umat islam di seluruh dunia diwajibkan berpuasa, Apabila kita berpuasa dibulan ramadhan kita termasuk mengagungkan bulan ramadhan dan syi'ar Alloh. Hingga orang yang tidak berpuasa tidak boleh makan terang benderang di tempat umum dan orang yang membuka warung makan tadi lebih parah dari makan ditempat umum.

Para ulama memfatwakan wajibnya untuk menutup warung di siang hari bulan suci ramadhan ( fatwa syabakah islamiyah no. 2097)

Bulan suci ramadhan alangkah baiknya kita syukuri dengan ibadah yang sungguh-sungguh, bahkan para ulama selalu berdoa agar di pertemukan dengan bulan ramadhan. Yuuk.. Mari kita berlomba dalam kebaikan, semoga bulan ramadhan kali ini ibadah puasa kita lancar. Amiin.

0 Response to "Hukum membuka warung di siang bulan Ramadhan - Azzahir media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel